Kebakaran Kapal Ferry KMP Royce 1

 


Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengkonfirmasi adanya insiden kebakaran Kapal Ferry KMP Royce 1. "PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengonfirmasi bahwa telah terjadi kebakaran di KMP Royce 1 milik PT DLB pada Sabtu (6/5/2023) sekitar jam 15.45 WIB saat pelayaran dari Merak menuju Bakauheni, Lampung," katanya dalam keterangannya, Banten, Sabtu (6/5/2023).

Saat berlayar di kawasan Pulau Tempurung Merak tiba-tiba saja kapal tersebut mengeluarkan api.  "Sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran. Namun saat ini api telah dapat dipadamkan. Rencananya KMP Royce 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak," ungkapnya.  Adapun kata ia saat ini pihaknya bersama instansi terkait tengah melakukan proses penyandaran di Pelabuhan Merak.

14.50WIB
Awalnya, petugas mendapat laporan ada kapal terbakar di jalur laut Merak-Bakauheni sekitar pukul 14.50 WIB. Namun demikian, saat itu, tak ada informasi lengkap jenis dan nama kapal yang terbakar. Petugas VTS kemudian memastikan informasi tersebut ke sumber radio.

"VTSO kembali mengecek dari monitor cctv untuk keberadaan kapal terbakar tersebut
Posisi kapal 05.56.252'S /105.57.401'E. Pukul 14.55 VTSO Memastikan ke KMP Royce 1 dan ternyata berita tersebut benar KMP ROYCE 1 mengalami kebakaran di sebelah lambung kiri," kata petugas VTS Merak, Sudirman, melalui keterangannya.
Mendapat informasi tersebut, petugas menyiarkan berita melalui radio komunikasi ke seluruh kapal yang berlayar di perairan Merak untuk membantu kapal tersebut.
Evakuasi penumpang berlangsung sekitar 4 jam lebih. Petugas memprioritaskan para ibu dan anak untuk dievakuasi terlebih dahulu. Kapal-kapal tunda yang merapat ke lokasi terus melakukan pemadaman.

Pukul 19.21

VTSO menerima informasi dari KRI. Lauser 924 masih melakukan evakuasi Crew dan sekarang KRI Lauser sedang mengantarkan 7 ABK crew kapal KMP. Royce I menuju Indah Kiat," katanya. Petugas masih melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal feri KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak. Lima kapal dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.
Pantauan detikNews di Pelabuhan Merak pukul 17.15 WIB, korban kebakaran kapal ferry dievakuasi oleh petugas ke beberapa kapal terdekat. Ada lima kapal yang melakukan evakuasi penumpang. Tim BPTD, ASDP, Basarnas dan instansi terkait telah berkoordinasi untuk segera mengondisikan kapal sandar di Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa," ungkapnya.

Api Berhasil Padam, Penumpang Dievakuasi Petugas bersama tim SAR gabungan telah berhasil memadamkan api yang membakar kapal feri KMP 1 Royce. Penumpang juga telah dievakuasi petugas menggunakan ambulans dan mobil pribadi ke rumah sakit dan kantor ASDP. "Ada yang luka dibawa ke RS, ada sebagian di ASDP," kata Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Togar Nalitupulu di lokasi, Cilegon (6/5/2023). Penumpang katanya dievakuasi ke kapal feri yang terdekat oleh tim. Ada lima kapal yang melakukan evakuasi penumpang. Seluruh Penumpang Selamat, tetapi ada Korban Luka.


Kepala Basarnas Banten Adil Triyanto mengatakan “seluruh penumpang KMP Royce 1 yang terbakar di laut Merak selamat. Ada 10 korban luka sebagian masih di rumah sakit dan ada yang sudah kembali ke kantor ASDP, "Tidak ada korban jiwa jadi semuanya dalam kondisi selamat walaupun ada yang luka-luka sekarang sudah dibawa ke RS dan ada yang sudah kembali ke sini (kantor ASDP). Penumpang dalam kondisi selamat, selamat semua," kata Adil kepada wartawan di Pelabuhan Merak. "Belum ada laporan, termasuk jumlahnya belum ada, cuma ada di puskesmas Merak ada 5, di RS ada 3," ujarnya.

Berdasarkan keterangan penumpang, lanjut Helldy, api penyebab kebakaran KMP Royce 1 bukan berasal dari kapal. Tapi muncul dari kendaraan besar di parkiran mobil.
"Kemungkinan dari kendaraan besar ada percikan api," ujarnya.
Kapal feri KMP Royce 1 terbakar di laut Merak, Banten. Laporan awal kebakaran kapal diterima oleh petugas Vessel Traffic Service (VTS) Merak.
Kebakaran tersebut terjadi pada Sabtu (6/5/2023).

Awal mula informasi kebakaran diterima sekitar pukul 14.50 WIB. Proses evakuasi pun selesai pukul 19.21 WIB. Sekitar pukul 20.00 WIB, api di dalam kapal berhasil dipadamkan. Namun, proses pendinginan terus dilakukan untuk memastikan tak ada lagi percikan api.


Daftar Pustaka

Ini Kronologi Kebakaran Kapal Ferry KMP Royce 1 di Perairan Pelabuhan Merak Banten

https://www.tvonenews.com/berita/120228-ini-kronologi-kebakaran-kapal-ferry-kmp-royce-1-di-perairan-pelabuhan-merak-banten?page=all


https://news.detik.com/berita/d-6707874/5-fakta-kebakaran-kapal-feri-kmp-royce-1-di-laut-merak.

https://news.detik.com/berita/d-6707522/kronologi-kmp-royce-1-terbakar-di-laut-merak-hingga-penumpang-dievakuasi.


https://www.detik.com/jateng/berita/d-6707296/kmp-royce-1-terbakar-di-laut-merak-5-kapal-dikerahkan-evakuasi-penumpang.


Share

1 comment

  1. FADIAH ZAHRA ADILLAH
    insightment bnget artikelnya