Kebakaran Kapal Ferry KMP Mutiara Berkah I


 

Pada Rabu, 6 September 2023, kebakaran kapal feri KMP Mutiara Berkah I terjadi di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, sekitar pukul 10.50. Kapal tersebut sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Indah Kiat, Merak, dengan tujuan Pelabuhan Panjang, Lampung.

Meskipun proses pemadaman telah dimulai sejak pukul 11.00 WIB, api masih belum berhasil dipadamkan hingga 26 jam lamanya. Pada pukul 14.16 WIB. Tim Damkar Kota Serang berusaha memadamkan api dengan mengerahkan 15 unit mobil pemadam, dan kepulan asap masih terlihat di lokasi kejadian. Truk-truk juga dievakuasi dari pelabuhan. Proses pemadaman masih berlangsung hingga pukul 14.45 WIB ratusan ribu liter air diperkirakan telah dihabiskan oleh petugas damkar untuk menyiram kapal yang terbakar sejak sekitar pukul 10.50 WIB kemarin. Belum lagi air laut yang digunakan oleh tugboat atau kapal tunda, yang turut serta menyiram dari sisi laut.

Pihak kepolisian menyampaikan penyebab terbakarnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di Pelabuhan Indah Kiat, Merak Banten, Kamis (7/9). Polisi menyebut, ada ledakan usai pelayanan ramdor KMP Mutiara Berkah I ditutup. Ramp Door (pintu rampa) sendiri merupakan pintu untuk memasukkan kendaraan ke dalam kapal Ro-Ro (Roll On Roll Off) ataupun jenis kapal lain yang menyangkut kendaraan bermotor. Kondisi kapal yang terbakar akan dikoordinasikan dengan sejumlah pihak, apakah akan dievakuasi ke tengah laut atau cara lainnya, agar tidak mengganggu proses bongkar muat kapal lainnya di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

KMP Mutiara Berkah I tujuan Panjang Lampung sendiri bermuatan 136 unit kendaraan truk, terdiri dari 16 unit truk golongan 5, 81 truk golongan 6, 32 unit truk golongan 7 (tronton), 4 unit truk golongan 7 tronton dum dan 3 unit truk golongan 8 atau treler. KMP Mutiara Berkah I tujuan Panjang Lampung sendiri bermuatan 136 unit kendaraan truk, terdiri dari 16 unit truk golongan 5, 81 truk golongan 6, 32 unit truk golongan 7 (tronton), 4 unit truk golongan 7 tronton dum dan 3 unit truk golongan 8 atau treler.

Data sementara menunjukkan bahwa terdapat sekitar 159 penumpang beserta kru di kapal tersebut. Semua penumpang telah dievakuasi setelah kapal terbakar. Kondisi para penumpang KMP Mutiara Berkah I yang sampai saat ini korban berjumlah 14 orang yang mengalami gangguan pernafasan.

 

 

Share

Post a Comment